Jumat, 18 Oktober 2013

Legenda Laowomaru

Dahulu kala ada dua kerajaan yang saling bermusuhan. Masing-masing  kerajaan itu memiliki seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan. Walaupun orang tua mereka saling bermusuhan tetapi mereka saling mencintai.

Hubungan asmara itu dijalani dengan sembunyi-sembunyi. Mereka bertemu disaat orang tuanya sedang sibuk mengurus kerajaan. Pada suatu malam yang sunyi mereka bertemu di kandang sapi kerajaan. Malam itu terjadilah sebuah tragedi yang mengawali hubungan percintaan mereka hancur. Mereka terlanjur melakukan hubungan suami istri.
Beberapa bulan berlalu, sang putri pun semakin terlihat gemuk. Melihat kondisi putri yang mencurigakan, raja pun menyuruh pengawal membawa putri ke rumah tabib untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan putri dinyatakan dalam keadaan hamil.
Mengetahui kondisi putri hamil bersama anak dari kerajaan musuh, maka raja pun sangat marah. Dia tidak merestui sang putri menikah dengan kekasihnya. Takut menjadi bahan hinaan banyak orang. Raja pun mengambil keputusan untuk membuang sang putri dengan menggunakan perahu kecil.
Akhirnya sang putri dibuang bersama seekor anjing jantan. Dalam perahu sang putri menangis mengingat nasib yang dialaminya. Beberapa hari berlalu sang putri bersama seekor anjing itu terdampar di sebuah pulau yang sekarang bernama Pulau Nias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar